Breaking News

    <li><p><a href="#" title="" rel="bookmark"><span class=""></a></p></li>

PROVINSI NTB ADAKAN FESTIVAL DESA INOVATIF Berita PPID

PROVINSI NTB ADAKAN FESTIVAL DESA INOVATIF

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Festival Desa Inovatif di Taman Budaya NTB, Kamis (30/3). Acara dibuka dengan sambutan dari Gubernur NTB, TGH Muhammad Zainul Majdi. Gubernur mengatakan bahwa desa inovatif merupakan sesuatu yang sangat berharga  untuk masa depan NTB. Menurut Gubernur, kemajuan NTB membutuhkan kreativitas dan keberdayaan masyarakat di semua tempat, apalagi yang hadir dan tumbuh di desa.

"Maju desa kita, maju NTB", ujarnya sembari membakar semangat para hadirin. "Sebagian besar masyarakat kita masih bermukim di desa. Sehingga, bila masyarakat desa dalam jumlah yang besar ini mampu memanfaatkan inovasi dengan sebaik-baiknya, maka desa akan cepat maju dan menjadi motor penggerak pembangunan daerah secara keseluruhan," jelasnya.

Lebih lanjut, Gubernur menjelaskan bahwa kehadiran desa inovatif dapat menghapus stigma yang berkembang bahwa desa kerap disandingkan dengan keterbelakangan dan ketidakberdayaan. Ia menambahkan, desa inovasi membuka mata bahwa ternyata di desa banyak melahirkan karya baik teknologi, sistem maupun tata cara yang memudahkan kehidupan masyarakat . "Ternyata di balik itu semua ada nilai baik, ada karya yang luar biasa yang orang kota mungkin bisa banyak belajar ke desa, kalau sekarang urbanisasi terjadi banyak warga desa datang mencari pekerjaan dan pindah bermukim di kota, suatu saat nanti dengan pengembangan desa inovasi ini akan banyak orang kota datang ke desa menimba ilmu, mencari hal baru yang memberi inspirasi, dan pengetahuan bagi hidup mereka", ujarnya.