Pemprov NTB Sharing Strategi Badan Publik Informatif Kepada PPID Kaltim Berita PPID

Pemprov NTB Sharing Strategi Badan Publik Informatif Kepada PPID Kaltim

Inovasi, komitmen dan kolaborasi menjadi hal yang sangat penting dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik dalam sebuah organisasi besar seperti pemerintah. Dan hal ini telah dibuktikan Pemerintah Provinsi NTB pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, dengan kualifikasi tertinggi yakni Badan Publik Informatif pada tahun 2019.


Inilah yang menjadi alasan rombongan PPID Pembantu di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengunjungi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB untuk dapat belajar dan sharing mengenai keterbukaan publik yang ada di NTB, Kamis (20/02/2020). 


Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Timur, Diddy Rusdiansyah AD, menjelaskan bahwa posisi Kaltim pada tahun 2019 yakni menuju informatif. Hal ini menjadi alasan PPID Kaltim untuk terus mengupayakan agar dapat menjadi informatif. 
“Nilainya kurang 4,08 untuk informatif, sehingga kedatangan kami disini untuk melihat dan mempelajari apa saja kiat - kiat yang telah dilakukan Pemprov NTB untuk bisa menjadi badan publik informatif,” jelasnya.


Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, I Gede Putu Ariyadi, yang menerima rombongan tersebut menjelaskan, bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur NTB sangat mendukung tranparansi dan keterbukaan informasi. 
“Gubernur NTB, Bapak Zulkieflimansyah sangat membuka berbagai informasi perihal perkembangan NTB melalui berbagai sosial media yang dimiliki. Jadi Gubernur kita sangat terbuka dengan masyarakat,” terang Aryadi.


Berbagai kanal informasi yang dibuka seperti program Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi, NTB Care, Protal NTB Satu Data dan lain – lain merupakan inovasi-inovasi yang lahir dalam rangka membuka akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk bisa berpartisipasi membangun NTB Bersama-sama. 


“Program Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi menjadi program yang sangat diminati masyarakat. Pasalnya masyarakat dapat langsung mengeluarkan aspirasi dan pendapat kepada pimpinan. NTB Care merupakan aplikasi pengaduan yang dimana masyarakat dengan mudah melakukan pengaduan dengan mendownload aplikasinya di playstore,” paparnya.
Pada pertemuan tersebut, Ketua Komisi Informasi NTB, Hendriadi, yang ikut menerima kunjungan ini juga menerangkan pentingnya koordinasi antara PPID Utama dengan PPID Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat saling berkoordinasi satu sama lain.


“Kreatifitas dan kolaborasi itu penting sehingga ketika menampilkan suatu hal pentingnya untuk diskusi. Hal ini tidak akan bisa diraih jika tidak ada kekompakan bersama antar PPID Utama dan PPID OPD,” jelas Hendri. 
(serly@Diskominfotik)

Read more

Tingkatkan Kualitas PPID, Kominfo Gelar Bimtek Berita PPID

Tingkatkan Kualitas PPID, Kominfo Gelar Bimtek

Di era open government ini, keterbukaan informasi menjadi spirit dalam penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini menjadikan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) mempunyai peran yang semakin signifikan. Terlebih lagi, atensi Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terhadap keterbukaan informasi sangat besar. Pasalnya, keterbukaan informasi adalah instrumen penting bagi terwujudnya tata kelola informasi pemerintah yang tertib untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB selaku PPID Utama Provinsi NTB, terus berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya PPID Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis PPID OPD di Aula Dinas Kominfotik Provinsi kemarin (Kamis, 07/07/2020). Kepala Dinas Kominfotik, I Gede Putu Aryadi, S. Sos., M.H membuka kegiatan sekaligus menjadi narasumber bersama Ketua Komisi Informasi, Hendriadi dan ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram, Sirtupilaili dan Ming Muslimin (Sutradara, pembuat film).

Dalam paparannya, Kadis Kominfotik menyatakan banyaknya sosial media dari masing – masing OPD belum menunjukkan informasi yang mudah dicerna oleh masyarakat. Menurutnya, perlu dilakukan perubahan penyampaian informasi yang akan disampaikan. “Beberapa sosial media OPD seperti Instagram dalam memberikan caption terlalu berat sehingga masyarakat terkadang tidak ingin membacanya. Hal ini menyebabkan pesan yang disampaikan tidak mengena dan yang paling penting adalah informasi itu harus dipilah mana saja informasi yang penting untuk masyarakat” tutur mantan kabag Protokol Setda Provinsi NTB ini.

Dijelaskannya lebih lanjut, bahwa untuk menulis berita dari sisi pemerintah, media pemerintah harus dapat menyajikan berita yang dapat dipercaya, lengkap, cerdas, dan akurat.  “Media tidak boleh berbohong, harus memisahkan antara fakta dan opini. Lebih dari itu media harus melaporkan kebenaran. “Karena kita sumber berita, validitas harus terjamin dan gunakan diksi yang tidak multitafsir,” tegasnya. Pria yang akrab disapa pak Gede ini menyampaikan materi manarik seputar teknik – teknik penulisan berita.

Ketua Komisi Informasi Hendriadi dalam paparannya menjelaskan kondisi Keterbukaan Informasi Publik(KIP) Badan Publik OPD Provinsi NTB 2019. Skor tertinggi diraih Biro Humas dengan nilai 92,58 masuk dalam kategori informatif, disusul dengan Rumah Sakit Umum Provinsi NTB dengan nilai 91,04 (informative) dan skor terendah diperoleh Biro Pemerintahan dengan nilai 32,07 (tidak informative). “Komisi Informasi hakekatnya ingin semua badan publik masuk dalam katagori informatif, itu yang harus ditanam oleh rekan – rekan, karena tugas kami mengevaluasi badan publik bukan untuk menghakimi. Tetapi disini kami ingin melihat sejauh mana keterbukaan publik telah dijalankan oleh semuanya” tegasnya.

Hendri juga menegaskan bahwa informasi yang akan disebarkan harus dilihat terlebih dahulu, karena sebuah informasi berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, bahkan nyawa orang lain. “Kita mampu menjembatani informasi publik ditarik menjadi konsep yang lebih ringan dan mudah dipahami misalnya dengan dibuat dalam bentuk news atau berita” tuturnya.

Selanjutnya materi disampaikan oleh ketua Asosiasi Jurnalis Independent (AJI) Mataram Sirtupilaili yang membahas mengenai menulis informasi “seksi” dan materi videografi yang disampaikan oleh Ming Muslimin yang merupakan sutrada dan editor film. (serly@Diskominfotik)

Read more

Wagub NTB Canangkan Gerakan Nasional Pilah Sampah Mulai dari Rumah Tangga Berita PPID

Wagub NTB Canangkan Gerakan Nasional Pilah Sampah Mulai dari Rumah Tangga

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd didampingi Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Rossa Vivien Ratnawati  dan disaksikan ribuan Warga yang hadir, mencanangkan Gerakan Nasional Pilah Sampah mulai dari Rumah Tangga, di Monumen Bumi Gora Jalan Udayana  Kota- Mataram Nusa Tenggara Barat, Minggu (6/10/2019).

Pencanangan tersebut diawali dengan penandatangan komitmen bersama bertajuk " siap menjadi pioner zero waste mulai dari diri sendiri", pada sebuah spanduk besar oleh ratusan anggota himpunan Ahli kesehatan lingkungan Indonesia (HAKLI) dan warga yang hadir di acara Inspiratif expo diskominfotik NTB. 

Read more

Geopark Rinjani & Mitigasi Bencana Geologi Berita PPID

Geopark Rinjani & Mitigasi Bencana Geologi

Simposium internasional Asia Pacific Geopark Network  (APGN) 2019 yang digelar di Lombok, NTB (31/8 hingga 6/9-2019) membahas beberapa topik utama. Diantaranya, memperkuat sosial ekonomi masyarakat lokal untuk pengembangan lingkungan geopark. Kemudian pelibatan masyarakat dan komunitas dalam menangani resiko bencana geologi dan pemulihannya. Serta mengenalkan ilmu pengetahuan tentang lingkungan kepada public, promosi geopark lokal sebagai global geopark dan lanskap jaringan gunung api geopark global.

Read more

NTB Susun Rencana Kontijensi agar Lebih Siap Hadapi Bencana Berita PPID

NTB Susun Rencana Kontijensi agar Lebih Siap Hadapi Bencana

Kita memang tidak pernah berharap akan terjadinya bencana. Tetapi faktanya bencana bisa datang dan terjadi  kapan saja. Dan hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi datangnya bencana itu secara pasti.
Karenanya, kita harus mulai menyiapkan diri sebaik mungkin. Sehingga ketika bencana itu datang, kita sudah mampu mengantisipasinya sejak dini. Dan resiko yang mungkin timbul dapat ditekan ke titik yang paling minimal.

Read more

NTB Borong Penghargaan TPID Terbaik Nasional 2019 Berita PPID

NTB Borong Penghargaan TPID Terbaik Nasional 2019

Nama Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali mencetak prestasi membanggakan di bidang ekonomi Nasional. Tim Pengendali Inflansi Daerah (TPID) Provinsi NTB berhasil mendapatkan empat penghargaan sekaligus dalam Rakornas Pengendalian Inflasi yang ke-10 (Rakornas X) tahun 2019 di Jakarta, Kamis (25/7). Penghargaan ini semakin memacu Pemprov NTB untuk mewujudkan daerah  sejahtera dan mandiri sesuai misi dalam visi NTB Gemilang.

Read more

Diskominfotik NTB persiapkan pembentukan NTB-CSIRT Berita PPID

Diskominfotik NTB persiapkan pembentukan NTB-CSIRT

Mengantisipasi terus meningkatnya serangan terhadap sistem informasi yang digunakan Pemerintah daerah, maka Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik Provinsi NTB, mulai tahun ini telah mempersiapkan pembentukan Tim Keamanan Siber Daerah atau sebuah Tim yang diberi nama NTB-Computer Security Incident Response Team (NTB-CSIRT).

Read more

Program Unggulan NTB Berita PPID

Program Unggulan NTB

NTB GEMILANG merupakan visi pembangunan sekaligus  komitmen dan ikhtiar untuk mewujudkan NTB yang tertata rapi sebagai tempat hunian menyenangkan, dengan masyarakat yang berdaya saing, tangguh, dan berbudi luhur serta pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik.

Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Dr.Hj.Siti Rohmi Djalilah,  menjabarkannya kedalam 6 (enam) misi pembangunan dan 60 program unggulan daerah, yang telah dituangkan kedalam dokumen perencanaan RPJMD Provinsi NTB, 2019-2023.

Pertama, mewujudkan NTB Tangguh dan mantap. Melalui penguatan mitigasi bencana dan pengembangan infrastruktur serta konektivitas wilayah. Pemerintahan Dr. Zul -Umi Rohmi (sapaan akrabnya) telah melauching 8 (delapan ) program unggulan  untuk NTB Gemilang Infrastruktur Dan Tangguh Bencana. Yakni (a) Percepatan Jalan Mantap;  (b) SPAM Regional;  (c) penerapan sistem informasi siaga bencana atau SI-AGA; (d)  Irigasi Cukup: (e) Desa Tangguh Bencana; (f) Nusa Terang Benderang; (g) NTB Terkoneksi; dan ( h) Sekolah Siaga Bencana. 

Kedua, mewujudkan  NTB Bersih dan Melayani;  melalui transformasi birokrasi yang berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dari KKN dan berdedikasi. Komitmen untuk menghadirkan pemerintahan yang bersih,  diwujudkan melalui program keterbukaan informasi publik dan tersedianya ruang atau akses bagi seluruh masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan berkreasi  membangun NTB. Bahkan Pemprov NTB juga menyediakan ruang yang luas bagi masyarakat untuk dapat menyampaikan keluh kesah dan berinteraksi secara langsung maupun secara digital dengan Gubernur Dr. Zul bersama jajarannya.  Dengan demikian, diharapkan birokrasi benar benar hadir ditengah mayarakat guna memberi solusi dan melayani. Komitmen  untuk menghadirkan birokrasi yang  bersih dan melayani tersebut, diimplementasikan oleh Doktor Zul -Umi Rohmi melalui  penerapan konsep pemerintahan yang berbasis elektronik (SPBE) sebagai wahana untuk memperlancar pelayanan dan mempermudah berbagai aktvitas/interaksi sosial. Program unggulan Gemilang Birokrasi ini meliputi 9 (sembilan) program/kegiatan yang berbasis digital. Yaitu : (a) eNTeBe Plan; (b) SAKIP LEVEL A; (c)  E-Samsat;  (d) NTB Care; (e) Research Based Policy;  (f) Samsat Delivery; (g) NTB SDGs Centre; (h) NTB Satu Data, NTB Satu Peta; dan (i) NTB WTP 

Ketiga, mewujudkan NTB SEHAT DAN CERDAS melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pondasi daya saing daerah. Gubernur Doktor Zul, telah menetapkan10 (sepuluh) Program unggulan Gemilang Pendidikan Dan Kesehatan. Salah satu diantaranya adalah 1.000 cendikia, dimana putra-putri NTB setiap tahun dikirim keluar negeri untuk menimba ilmu dan memperkaya mindset, sehingga kelak setelah kembali ke tanah air,  siap menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dan bahkan pemimpin dunia.

Selain  1.000 Cendekia; juga terdapat sembilan program strategis lainnya, yakni (a) Literasi Digital; (b) Rumah Bahasa; (c) Revitalisasi Posyandu; (d) NTB Juara; (e) Air Bersih Untuk Semua;  (f) Jamban Keluarga; (g) Re-engineering SMK; (h) Generasi Emas NTB; dan (i) Rumah Layak Huni.

Keempat, mewujudkan NTB ASRI DAN LESTARI melalui pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan. Terdapat 6 (enam) Program unggulan Gemilang Lingkungan yang menjadi fokus penanganan secara kolaboratif, baik antara pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, maupun stakeholder lainnya.

Mulai dari gerakan sadar lingkungan hingga program aksi pengendalian pencemaran lingkungan, khususnya sampah plastik dan limbah industri melalui gerakan Zero waste.  Program-program tersebut meliputi: (a) Pembangunan Tata Ruang secara Berkelanjutan; (b) NTB Hijau; (c) NTB Zero Waste; (d) Geopark Dunia; (e) Bank Sampah; dan (f) Taman Asri. 

Kelima, mewujudkan NTB SEJAHTERA DAN MANDIRI melalui penanggulangan kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan pertumbuhan ekonomi inklusif bertumpu pada pertanian, pariwisata dan industri. 

Menurut Gubernur Dr. Zulkieflimansyah Industrialiasasi merupakan kunci mewujudkan  masyarakat NTB yang sejahtera dan mandiri. Indikatornya adalah pertumbuhan industri, dan sasarannya adalah mengembangkan industri olahan dan permesinan. Serta meningkatnya investasi, kerjasama pemerintah dan badan usaha, diikuti kemudahan perizinan dan  bermuara pada penurunan tingkat pengangguran terbuka. Industri yang dikembangkan, fokus pada industri olahan dan permesinan yang mendukung  nilai tambah  terhadap berbagai produk dari sektor Pertanian, pariwisata dan lapangan usaha industri lainnya.

Misalnya mesin-mesin untuk sarana produksi pertanian, seperti traktor, alat angkut, mesin perontok, pengering,  pabrik penggilingan dan industri pengolahan lainnya, harus diproduksi atau di assamble oleh putra-putri NTB di daerah sendiri. Dan sedapat mungkin dikurangi import dari luar.

Di dalam RPJMD Provinsi NTB tahun 2019-2023, sesuai janji kampanye pasangan Zul - Rohmi, telah ditetapkan 18 (delapan belas) Program unggulan Gemilang Ekonomi, Pariwisata, Pertanian dan Industri. Terdiri dari: (a) Melawan kemiskinan dari desa; (b) Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Unggul;  (c) E-Commerce; (d) Bumdes Maju; (e) Science Technology Industrial Park (STIP) Inovatif; (f) Koperasi Aktif; (g) Keluarga Sasambo Gemilang; (h) NTB ramah investasi; (i) UMKM Bersaing; (j) 99 Desa Wisata; (k) Perda Produk Lokal; (l) Rumah Kemasan; (m) Pertanian Lestari; (n) Kampung Unggas; (o) Revitalisasi BLK; (p) Apartemen Ikan; (q) KRPL; dan (s) Industrialisasi Produk Pertanian.

Keenam, mewujudkan NTB AMAN DAN BERKAH melalui pengembangan masyarakat madani yang beriman, berkarakter dan penegakan hukum yang berkeadilan. Terdapat  9 (sembilan) Program unggulan Gemilang Pembangunan Sosial Budaya. Yaitu: (a) Islamic Centre Pusat Peradaban; (b) Kampung Madani; (c) Desa Bersinar; (d) Kampung Media; (e) Bale Mediasi; (f) Kota Layak Anak; (g) Sekolah Perjumpaan; (h) Ramah Difable; dan (i) PAUD Holistik Integratif. (By.diskominfotik)

Read more