Gubernur NTB Motivasi Warga Binaan Lapas Mataram Berita PPID

Gubernur NTB Motivasi Warga Binaan Lapas Mataram

Mataram - - Nusa Tenggara Barat kembali dilanda bencana. Beberapa hari lalu banjir bandang melanda Kabupaten Dompu. Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Dompu semenjak siang hari menyebabkan banjir bandang di Kecamatan Dompu. BPBD NTB bersama Dinas Sosial NTB telah mengirimkan 4 ton bantuan logistik berupa makanan siap saji, mie instan, selimut,  hingga matras. Menurut Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah Banjir Dompu merupakan perhatian kita bersama, upaya mitigasi struktural, pembuatan tanggul, normalisasi sungai, rehabilitasi hutan dan lahan menjadi pekerjaan rumah pemerintah.

Read more

YUNAN UNIVERSITY TAWARAKAN BEASISWA, GUBERNUR: EXCELLENT Berita PPID

YUNAN UNIVERSITY TAWARAKAN BEASISWA, GUBERNUR: EXCELLENT

Yunan Univesity, Tiongkok menawarkan beasiswa bagi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Beasiswa yang ditawarkan berupa biaya pendidikan dan biaya perumahan bagi putra-putri NTB yang akan menempuh pendidikan S2 di kampus tersebut. Rencananya, Yunan University akan membuka sejumlah program untuk menampung mahasiswa NTB yang akan belajar di kampus tersebut.

Read more

KETUA TP. PKK HADIRI GEBYAR FESTIVAL BUDAYA BHAYANGKARI 2019 Berita PPID

KETUA TP. PKK HADIRI GEBYAR FESTIVAL BUDAYA BHAYANGKARI 2019

Ketua TP. PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, S. E., M. Sc pagi ini menghadiri Gebyar Festival Budaya Kemala Bhayangkari NTB Tahun 2019 di Lombok Epicentrum Mall, Sabtu (30/3/19).

Kegiatan ini terasa lebih istimewa bagi jajaran Kepolisian Daerah NTB, dikarenakan hari ini bertepatan dengan hari lahirnya Ibu Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayakari Daerah NTB, Risna Achmat Juri. Untuk menambah keistimewaan acara tersebut, Hj Niken memberi kue ulang tahun kepada ibu Risna, seraya menyampaikan doa tulus sebagai bentuk persahabatan.

Humas NTB

Read more

GUBERNUR NTB TERIMA SILATURRAHIM TOKOH SENGKOL Berita PPID

GUBERNUR NTB TERIMA SILATURRAHIM TOKOH SENGKOL

Mataram - Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menerima silaturahim warga Sengkol Kabupaten Lombok Tengah di Pendopo Gubernur, malam ini Jumat (29/3/2019).

Warga Sengkol bersilaturahim sekaligus bermaksud menyampaikan aspirasi dan permasalahan yang mereka alami dan rasakan.

Kehadiran warga dan tokoh masyarakat ini langsung direspon  Gubernur. Mamiq Ratmaje, selaku ketua Rombongan menyampaikan permasalahan terkait tanah warga  yang berada di wilayah Tanjung Aan Kute. Tanah tersebut hingga kini belum diselesaikan pembayarannya oleh pihak ITDC. Menurutnya, sejak Tahun 2017 sudah diadakan rapat pleno antara DPRD, Pemda dan ITDC untuk segera menyelesaikan Pembayaran Tanah Warga.
"Kami ingin ada solusi nyata yang bisa kami terima, kami ingin mendapatkan hak hak kami" ungkapnya

"Investasi di daerah kita harus tetap berjalan dengan aman dan nyaman, tidak boleh ada gangguan kepada para investor, investasi adalah salah satu langkah maju membangun daerah.
Jika ada warga yang menjadi korban, sebaiknya pertemuan ini kita siapkan lebih matang dan mengundang semua pihak terkait, semua harus hadir lengkap" respon Gubernur menanggapi aspirasi warga

"Kami berharap warga tidak ada yang merasa dirugikan, pertemuan ini sangat baik". Lanjut Gubernur.

Gubernur juga menginstruksikan untuk segera mengagendakan pertemuan lanjutan.
"segera kita akan buat pertemuan lanjutan untuk segera membereskan permasalahan ini" tegas Gubernur

"Masyarakat harus tetap tenang, jaga situasi tetap kondusif agar semua bisa diselesaikan dengan bijak" himbaunya

Humas NTB

Read more

WAGUB MEMBUKA RAKERDA BKKBN PROVINSI NTB TAHUN 2019 Berita PPID

WAGUB MEMBUKA RAKERDA BKKBN PROVINSI NTB TAHUN 2019

LOMBOK - - Wakil Gubernur NTB. Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tahun 2019. Rapat Rutin Tahunan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi NTB kali ini diselenggarakan selama dua hari (25-26/3) di Aruna Hotel Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

Mengawali sambutannya, Wagub mengingatkan kembali tentang visi dan misi NTB.
 "Visi NTB Gemilang, salah satu misinya adalah mewujudkan NTB sehat dan cerdas. BKKBN sangat strategis dalam membantu dan mewujudkan misi tersebut" ujar Wagub

Lebih lanjut, Wagub mengajak peserta yang hadir untuk mulai merubah mindset dan mengedepankan pembangunan keluarga
"Jika kita berpikir secara holistik, pembangunan keluarga sangatlah penting. Sepengetahuan saya, BKKBN Provinsi NTB memiliki sinergi yang sangat baik. Sinergi dengan seluruh stakeholders inilah yang menjadi poin penting agar menjadi satu kekuatan besar" jelas Wagub

"Membangun SDM tidak seperti membangun infrastruktur, yang akan langsung terlihat hasilnya. Membangun SDM membutuhkan konsistensi, dan tekad yang berkelanjutan, harus konsisten" tegas Wagub

Dalam kesempatan ini Wagub juga berpesan agar konsistensi koordinasi dan sinergitas yang di bangun untuk senantiasa dijaga dan ditingkatkan.
"Konsistensi itu harus dijaga dengan sungguh-sungguh. Ibu-ibu dalam organisasi juga memiliki peran yang luar biasa. Tidak mungkin birokrasi menjalankan perannya sendiri, stakeholders lain juga harus ikut bergotong royong, tentunya dengan perannya masing-masing. Harapan nya, sinergitas itu lebih tajam lagi" harap Wagub

Lebih lanjut, Wagub juga menyinggung revitalisasi Posyandu yang sedang gencar Pemerintah canangkan.

"Kita harus melihat permasalahan mulai dari hulu, sehingga hasilnya akan kelihatan. Untuk itulah Pemprov sedang mendorong posyandu  yang ada di NTB betul-betul berdaya. Inilah  Peran BKKN untuk bersinergi dengan dinas kesehatan dan stakeholders lainnya dalam upaya mewujudkan posyandu kita menjadi garda terdepan dalam mewujudkannya NTB yang sehat dan cerdas" tutup Wagub

Diketahui, Kegiatan Rakerda sudah dimulai sejak kemarin, (25/3) dengan Pra Rakerda yang diikuti sebanyak 185 peserta, sedangkan hari ini, peserta diperkirakan hadir sebanyak 329 peserta. "Peserta terdiri dari perwakilan mitra kerja Kabupaten /kota sebanyak 55 peserta, mitra kerja Provinsi sebanyak 89 peserta dan  peserta yang sudah mengikuti Pra Rakerda sejak kemarin sebanyak 185 peserta" ungkap Plh. Kepala perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Drs. Sama'an, M.Si saat ditemui Humas Protokol Prov. NTB

Adapun tujuan Rakerda program KKBPK Tahun 2019 ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan dukungan Kementerian /Lembaga, Pemerintah Daerah dan Mitra Kerja dalam mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui Program KKBPK yang terintergrasi. Dengan tema "Meningkatkan Sinergitas Impelementasi Program Kerja Pusat dan Daerah dalam mewujudkan Penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas," tutupnya

Humas NTB

Read more

ROMANTISME HUBUNGAN PEMERINTAH PROVINSI NTB DENGAN POLANDIA Berita PPID

ROMANTISME HUBUNGAN PEMERINTAH PROVINSI NTB DENGAN POLANDIA

Lombok - - Kerja sama internasional bukan hanya menjadi kewenangan Pemerintah Pusat saja. Masing-masing provinsi, bahkan kota, di Indonesia diberikan keleluasaan untuk menjalin hubungan dan kerja sama yang lebih intensif dengan provinsi maupun kota-kota di negara manapun itu.

Kerja sama tersebut dimungkinkan, selama tidak menyentuh ranah politik yang menjadi kewenangan eksklusif Pemerintah Pusat. Jalinan kerja sama tersebut dibingkai dalam suatu kesepakatan bernama.

Meski, tentunya kesepakatan kerja sama tetap harus dikoordinasikan dan dikonsultasikan dengan Pemerintah Pusat, dalam hal ini adalah Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri.

Pemerintah Provinsi NTB sendiri terus menjalin komunikasi dan aktif dalam membina kerja sama dengan negeri Putih Merah tersebut. Seperti yang terjadi pada hari ini, Minggu (24/3/2019) Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menemui para delegasi dari Polandia di Katamaran Hotel guna menjajaki berbagai peluang kerjasama terbaru. "Welcome to Lombok, so happy you can visit our here" sambut Gubernur pada para Delegasi Polandia.

Diketahui, bentuk Peluang kerjasama yang akan segera dilakukan adalah penandatanganan LOI (Letter of Intent) antara Pemerintah Provinsi NTB dengan Pemerintah (daerah) Torun, Polandia sebagai bentuk follow up dari kunjungan ke Polandia sebelumnya. Dari LOI tersebut, terdapat peluang kerjasama dalam bidang pendidikan, pariwisata, dan ekonomi - bisnis.

Dalam bidang pendidikan, Pemerintah Provinsi berencana akan mengirimkan Mahasiswa ke Kota Torun, dengan bekerjasama dengan 3HK (Institute of Sustainable Development EU-Asean) dalam mempromosikan budaya melalui duta pendidikan. Pemerintah Torun juga berniat memulai kerjasama pariwisata dengan mengirim jurnalis dari Polandia untuk melihat keindahan NTB dan membantu mempromosikan di Polandia.
Dalam bidang ekonomi dan bisnis, peluang kerjasama diharapkan akan mampu mendatangkan investasi dari Polandia ke NTB.

"Penandatanganan LOI adalah awal untuk memulai kerja sama dalam berbagai bidang. Kami berharap selain melanjutkan kerjasama dalam bidang pendidikan, ekonomi dan bisnis bisa dimulai. Kami juga berharap melalui promosi wisata di Polandia akan mendatangkan investasi di Lombok dan Sumbawa dari pengusaha - penguasa di Polandia" ujar Sylwwia Tubielewicz, Director of the International Cooperation Department Kujawy Pomorze.

Senada, Marcin Schmidt, President of the Board 3HK juga menyatakan dukungan dan sangat mengapresiasiaksi nyata yang dilakukan Pemerintah Provinsi NTB.
"Pemprov NTB melalui program - program nya sangat fokus pada Sustainable Development Goals. Kami siap membantu, terlebih lagi dengan semangat dan visi misi Pak Gubernur yang sangat aktif dan secara holistik memikirkan perkembangan NTB dalam berbagai bidang "

Terpantau, turut mendampingi Gubernur pada kegiatan ini, Kepala BKD Drs. H. Fathurrahman, M. Si, Kepala Biro Kerja Sama Ahmad Nur Aulia, S. STP, Karo Humas Protokol, Najamuddin Amy, S. SOS, MM, serta Tim Beasiswa NTB.

Humas NTB

Read more

WAGUB NTB MENYAMBUT BAIK KERJA SAMA DENGAN QATAR FOUNDATION Berita PPID

WAGUB NTB MENYAMBUT BAIK KERJA SAMA DENGAN QATAR FOUNDATION

Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menerima Audiensi Direktur Qatar Foundation Ms. Suhair Taufiq Salah dan Ms. Sahar J. Bakrie, terkait investasi dalam bidang pendidikan, di Ruang Kerjanya, Senin, (25/3/2019).

Qatar Foundation yang telah bekerjasama dengan 200 lebih Universitas di dunia akan melakukan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB, khususnya Ponpes-ponpes yang ada di NTB untuk diberikan beasiswa Diploma kepada siswa lulusan SMA/MA, dengan syarat menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris. Selain beasiswa full, mahasiswa yang lulus juga akan diberikan pekerjaan.

Wagub menyambut baik penjajakan kerjasa dengan Qatar Foundation tersebut, dan berharap momentum ini direspon dengan baik oleh Ponpes-ponpes yang ada di NTB. Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga akan segera menindak lanjuti dengan berkoordinasi untuk menyelesaikan regulasi-regulasi yang dibutuhkan untuk membangun kerjasama tersebut.

"Saya rasa ini sangat bagus dan profesional, dengan melihat secara langsung gambaran terkait rekrutmen calon penerima beasiswa di NTB", ujarnya.

Humas NTB

Read more

WAGUB NTB BUKA FORUM RKPD Berita PPID

WAGUB NTB BUKA FORUM RKPD

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020 (25/3/19).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Geopark Rinjani Kantor Bappeda Provinsi NTB ini mengangkat tema ''Pembangunan Manusia Untuk NTB Tangguh, Mantap, dan Lestari".

Wakil Gubernur mengarahkan untuk lebih meningkatkan sinergi antar semua dinas dan lembaga untuk bekerja keras, berkolaborasi serta bergotong royong dalam pembangunan. "Masa depan NTB ini cerah, itu yang harus kita yakini, melihat dari progres pembangunan dan kondisi yang telah kita lakukan,'' ucap Hj. Rohmi.

Hj. Rohmi yakin bahwa rancangan RKPD  dapat berjalan dengan baik apabila terkontrol dan tetap dalam pengawasan serta tidak ada ego sektoral antar setiap OPD. "Tidak ada orang yang bisa bekerja sendiri, semuanya harus terkoneksi dan terkoordinasi,'' tegas Wagub.

"Keberadaan kita semua disini tentunya akan sangat bermanfaat untuk berdiskusi bersama-sama dengan kerendahan hati dan positive thinking demi menuju NTB Gemilang yang merupakan cita-cita kita bersama,''  tutupnya.

Kepala Bappeda, Ir. Ridwan Syah, M.Sc, MM, MTP dalam laporannya menyampaikan 5 buah RKPD yang menjadi prioritas pembangunan di provinsi NTB. 5 susunan RKPD tersebut antara lain;
1. Mitigasi bencana, pemerataan infrastruktur dan konektifitas wilayah
2. Pembangunan manusia, ketahanan keluarga dan penanggulangan kemiskinan.
3. Investasi nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja.
4. Pelestarian lingkungan hidup, ketahanan pangan dan energi, dan
5. Transformasi birokrasi dan penanganan masalah sosial darurat.

"RKPD tahun 2020 ini sesungguhnya adalah bagian dari mewujudkan visi dan misi tahun 2018-2023 yaitu membangun Nusa Tenggara Barat yang gemilang,'' jelas Ridwan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, sejumlah kepala OPD lingkup Provinsi NTB, pimpinan instansi dan lembaga terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama serta mitra pembangunan NTB Gemilang.

Humas NTB

Read more