WAGUB NTB TERIMA PESERTA PROGRAM PIDI Berita PPID

WAGUB NTB TERIMA PESERTA PROGRAM PIDI

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Hj Sitti Rohmi Djalilah menghadiri acara penyerahan dan penerimaan peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) angkatan I tahun 2018-2019 di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan di Hotel Grand Legi Mataram, jumat (15/2/2019).

Dalam kesempatannya, Wakil Gubernur NTB mengucapkan terimakasih ketua Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS karena Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) ini telah banyak membantu NTB dalam bidang kesehatan.

"Terimakasih kepada KIDI yang telah ikut membangun NTB ini dalam bidang kesehatan, tentunya terimakasih juga kepada para peserta program ini yang dengan senang hati bertugas di NTB dengan suka rela selama waktu yang cukup lama," kata Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur NTB yang biasa dipanggil Ummi Rohmi mengungkapkan bahwa banyak sekali tugas yang akan ditemui dalam bidang kesehatan oleh para peserta PIDI dalam mengamalkan ilmunya.

"banyak tugas yang akan dilakukan di NTB ini, diantaranya kasus stunting, ibu hamil meninggal, kurang gizi, dan lain-lain yang harus terus kita tangani," kata Ummi Rohmi.

Di akhir penyampaiannya, kakak kandung TGB ini mendoakan para peserta program PIDI ini mendapat kemudahan dan pelajaran berharga selama berada di NTB.

"Saya berharap semua peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan diberikan kemudahan selama bertugas di NTB ini, saya yakin 12 bulan ini adalah tahapan yang tidak akan terlupakan untuk seluruh peserta PIDI ini," tutupnya.

Ketua KIDI Provinsi NTB, dr. Agus Pracoyo mengungkapkan bahwa program PIDI ini sudah dimulai sejak tahun 2012 dan diadakan setiap tahunnya.

"Di NTB ini, kita sudah mempunyai wahana sebanyak 13 wahana yang sudah tersebar di 9  kabupaten/kota se-NTB, namun program PIDI di Lombok Utara untuk sementara kita tarik hingga rumah sakitnya telah selesai diperbaiki," ungkapnya.

 Ia berpesan 3 hal kepada 36 peserta PIDI yaitu, menggali ilmu pengetahuan dan menulis, meningkatkan skil, serta menerapkan pergaulan dengan sikap yang baik pada masyarakat.

"Selain menggali ilmu, skil dan pergaulan, lara peserta juga harus bisa menjadi tuan rumah di negri sendiri," tambahnya.

Ia mengungkapkan bahwa rumah sakit dan puskesmas di NTB ini merasa sangat terbantu oleh adanya program PIDI ini.

Humas NTB

Read more

GUBERNUR NTB : RISET PENTING BAGI PEMBANGUNAN Berita PPID

GUBERNUR NTB : RISET PENTING BAGI PEMBANGUNAN

Dewan riset daerah pada dasarnya memiliki posisi yang sangat penting bagi pembangunan di NTB. Hasil riset yang diperoleh menjadi sumbangan berharga yang mampu mendukung berbagai proses pembangunan daerah.

Demikian disampaikan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, saat menerima silaturrahmi Dewan Riset Daerah Provinsi, Sains Techno Park Universitas Teknologi Sumbawa dan PT. Lim Shrimp Organization di ruang kerjanya,
Rabu (13/2/2019)

Kedatangan rombongan adalah dalam rangka memberi masukan untuk pembangunan NTB dalam bidang keilmuan dan riset, juga untuk menyampaikan kendala-kendala dalam kerja sama dan investasi di Pulau Sumbawa.

Menyikapi hal ini, Gubernur menyambut antusias atas kehadiran dewan riset daerah.
"Saya kira Dewan Riset sangatlah penting, coba buat kajian-kajian industri apa yang cocok dan bisa kita terapkan di NTB. Riset yang paling penting bukan di kampus tapi di business Community," ujar Gubernur.

Prof. Ir. H. Yusuf. A. Sutaryono, Phd selaku kepala Dewan Riset Daerah Provinsi NTB pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, silaturrahim kali ini adalah untuk berdiskusi tentang pengembangan riset di NTB.

"kami banyak berdiskusi tentang arah pengembangan riset di NTB, terutama tentang bagaimana riset dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami dewan riset sudah banyak memberikan masukan, sejak zaman gubernur sebelumnya dan kini Gubernur Zul, " tutur prof Yusuf.

Prof Yusuf juga Dewan Riset Daerah akan terus mendukung dan mengawal program kegiatan pemerintah Provinsi, tambah Prof. Yusuf.
"Respon Gubernur sangat bagus, kami juga akan mengawal program-program yang dilakukan  OPD agar pelaksanaannya sesuai dengan target yang ingin d capai," ujarnya.

Kaitannya dengan Sains Tekno Park yang merupakan Terobosan yang di gagas Gubernur, Prof Yusuf menyatakan Dewan riset juga akan ikut turut berperan.
"Sains techno park adalah pertemuan antara teknologi dengan industri. Jangan sampai STP Hanya dijadikan tempat membuat mesin, itu memang salah satu tujuannya namun yang paling penting adalah bagaimana teknologi dan industri ini mampu komersil dan diterima di pasar dan masyarakat," jelasnya.

Ronald Lam selaku Direktur PT. Lim Shrimp Organization di Indonesia yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan rencana nya untuk berinvestasi di NTB khususnya di Pulau Sumbawa. "Rencananya akan kami bangun pabrik di Sumbawa. Pabrik pakan, pabrik proses implan, mungkin akan ada kerjasama dengan pemprov kedepannya," ujar Ronald.

Kami juga berharap pemerintah Provinsi bisa membantu kami dalam menyelesaikan berbagai kendala dan problem kami dalam berinvestasi di Sumbawa, lanjutnya.

Humas NTB

Read more

Wagub NTB : Perencanaan Adalah Ujung Tombak Pembangunan Berita PPID

Wagub NTB : Perencanaan Adalah Ujung Tombak Pembangunan

"Perencanaan adalah ujung tombak dalam keberhasilan kita membangun, saya bukan ahli ekonomi, background saya chemical engineer", ungkap Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd mengawali arahannya pada acara Capacity Building 'Penyusunan dan Perencanaan Kebijakan Ekonomi Daerah Provinsi NTB Bagi Bappeda dan Biro Ekonomi Se-Provinsi NTB, di Hotel Lombok Raya, Kamis (14/2/19).

Wagub menerangkan, tiga hal penting dalam pembangunan adalah, pertama memiliki kompetensi, ilmu dan pengalaman, kedua memiliki data yang cukup, dalam langkah ini seseorang harus memiliki data yang valid, ketiga adalah bersinergi, hal ini harus betul-betul dijalin dengan baik.

"Kalau dasarnya data yang baik maka apa yang kita lakukan insyallah efektif tepat pada sasaran, apa yang telah ditorehkan oleh Gubernur pada masa sebelumnya merupakan semangat yang harus dilanjutkan dan untuk selalu bangkit dan mengambil hikmah", terang Wagub.

Menurut Wagub, salah satu kekurangan kita adalah komunikasi. Sebab, sinergi antara satu dan lainnya seperti tersekat, padahal jika dibangun komunikasi yang baik, sinergi antar stake holder dan pemegang kebijakan bisa berjalan dengan baik.

Berkaca dari bencana gempa yang lalu, jika dilihat dari sisi positif, hal yang menjadi pelajaran adalah bagaimana struktur rumah yang dibangun itu tidak asal-asalan, sehingga bencana lalu mengajarkan kita bahwa daerah kita berada pada Ring Of Fire. Dengan menyadari kondisi ini, maka dapat melatih pula pikiran positif, tenang, dan siap ketika menghadapi bencana. "Yang terpenting adalah kalau mau cepat berlari, pikiran harus betul-betul positif, kalau dihinggapi dengan pesimisme tentunya akan sulit kedepannya, tantangan ada untuk membangkitkan kita", tambah Hj. Rohmi.

Terakhir Wagub berharap semoga acara ini bisa bermnafaat, jangan hanya bersifat seremonial tetapi ini bisa berlanjut terus sepanjang tahun, demi menuju NTB yang lebih baik dan lebih baik lagi, "semoga ini membawa manfaat bagi pemerintah Provinsi yang kita cintai, NTB", tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bappeda NTB Ir. Ridwansyah selaku leading sector pada acara tersebut mengucapkan terimakasih kepada Ibu Wagub yang telah hadir pada acara ini.

Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kolaborasi yang dibangun bersama Bank Indonesia, pemerintah Provinsi dan Bappeda 10 kabupaten/kota yang saat ini juga sedang memasuki rencana lima tahun kedepan 2018-2023, sebagai penjabaran visi-misi Gubernur-Wakil Gubernur yang masuk dalam NTB Gemilang.

Selain itu, NTB dikenal sebagai Provinsi yang paling progresif dalam penurunan angka kemiskinan, sesuai dengan jargon kita adalah apa yang baik pada masa lalu akan dilanjutkan dimasa sekarang. Untuk itu, melihat adanya kebutuhan tersebut, BI Provinsi NTB sebagai mitra strategis Pemda melaksanakan kegiatan ini sebagai wadah fasilitasi pengembangan kompetensi penyusunan rencana pembangunan daerah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Pengembangan Wilayah dan Kawasan Bappenas RI, Drs. Sumedi Andono Mulyo, MA, Ph.D, perwakilan Badan Pusat Statistik, dan perwakilan Kanwil Perbendaharaan NTB.

Humas NTB

Read more

Sekda NTB Hadiri Diskusi Sarasehan Kebangsaan Berita PPID

Sekda NTB Hadiri Diskusi Sarasehan Kebangsaan

Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat (Sekda NTB), Ir. H. Rosiady Husaenie Sayuti, M.Sc, P.hD menghadiri acara Sarasehan Kebangsaan yang digagas oleh Gerakan Suluh Kebangsaan di Golden Palace Mataram, selasa (12/2/2019).

Dalam acara tersebut, Sekda NTB menyampaikan bahwa pentingnya wawasan kebangsaan sehingga pendidikan wawasan kebangsaan harus dimulai sejak dini.

"Saya dulu saat menjadi kepala dinas Dikpora provinsi NTB menekankan pentingnya wawasan kebangsaan, waktu itu saya dipesan langsung oleh Damrem (yang menjabat saat itu), beliau mengatakan bahwa wawasan kebangsaan kita ini sudah terkikis di kalangan pelajar," ungkap Sekda NTB.

Ditambahnya lagi dalam situasi politik saat ini ia berpesan bahwa sebagai warga negara tidak boleh terjadi perpecahan gara-gara beda pilihan dalam pilpres mendatang.

"Himbauan kami dari pemerintah dalam waktu yang semakin dekat pilpres pemilu ini, suasana kebatinan makin hangat, tetap kita menjaga kepala dingin, tetap menjaga persaudaraan karena siapapun yang terpilih dalam pemilu, mereka tetap saudara kita," tambah Sekda NTB.

Senada dengan Sekda NTB, Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan  Prof. Mahfud MD mengatakan dalam sambutannya bahwa acara diskusi ini mengaja seluruh peserta yang hadir dan masyarakat pada umumnya untuk menjaga kondusifitas dan menjadi pelopor pemilu damai.

"Kami akan mendorong kebebasan menentukan pilihan secara demokratis tanpa bermusuhan. Kontestasi politik harus diartikan sebagai kepentingan bersama untuk mencari yang terbaik, bukan dilakukan sebagai zero sum game. Itulah gagasan kami terkait Gerakan Suluh Kebangsaan ini," ungkap Mahfud MD.

Pada penutupan acara tersebut, Sekda NTB mengucapkan terima kasih kepada seluruh organisasi dan instansi yang terlibat dalam acara yang sangat membangun itu.

Humas NTB

Read more

SUMBAWA SIAP SAMBUT SAIL MOYO TAMBORA 2018 Berita PPID

SUMBAWA SIAP SAMBUT SAIL MOYO TAMBORA 2018

Masyarakat Sumbawa siap sambut Sail Moyo Tambora 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 9 - 23 September 2018 di Pulau Moyo Sumbawa.Berbagai kegiatan yang akan berlangsung mendukung pergelaran Sail Moyo Tambora 2018, antara lain International Yacht Rally, Maritim Expo City Parade, Culture Performance Moyo Tambora, International Culinary Program, Barapan Kebo & Pacuan Kuda, Dialog Budaya Maritim Parade 1000 perahu tradisional, Moyo Tambora Fun, dan pelayanan kesehatan gratis.

Read more

INFRASTRUKTUR JALAN DI NTB SIAP SAMBUT ARUS MUDIK Berita PPID

INFRASTRUKTUR JALAN DI NTB SIAP SAMBUT ARUS MUDIK

Infrastruktur jalan di NTB, baik jalan primer nasional maupun jalan provinsi, siap digunakan untuk mudik. Hal tersebut disampaikan oleh H. Sahdan selaku Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) provinsi NTB dalam konfrensi pers yang digelar Dinas pada Kamis, (7/6).

Read more

PEMPROV. NTB BERI PENGHARGAAN PETUGAS KEBERSIHAN Berita PPID

PEMPROV. NTB BERI PENGHARGAAN PETUGAS KEBERSIHAN

Pemerintah Provinsi NTB memberikan sejumlah bantuan kepada petugas kebersihan yang bertugas di Kota Mataram, di Gedung Sangkareang, Rabu, (6/6/2018).  Pemberian bantuan kepada 658 petugas kebersihan tersebut merupakan salah satu bentuk penghargaan sekaligus hadiah dan ucapan terima kasih dari Pemprov. NTB atas kinerja mereka selama ini.

Read more