TINJAU EMBUNG ELANG DESA GUBERNUR GUNAKAN MOTOR TRAIL Berita PPID

TINJAU EMBUNG ELANG DESA GUBERNUR GUNAKAN MOTOR TRAIL

Gubernur NTB Dr. H. Zukieflimansyah harus menggunakan sepeda motor Trail untuk menjangkau lokasi Embung Elang Emas, di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Jum'at (8/9).

Kondisi medan yang berat, disebabkan hujan sehingga tidak memungkinkan kendaraan roda empat untuk menjangkau lokasi tersebut.

Tujuan gubernur meninjau Embung tersebut, untuk memastikan kondisi embung yang telah mengalami pendangkalan, dikarenakan sedimentasi yang cukup tinggi.

Setelah melewati medan cukup berat, gubernur yang didampingi sejumlah kepala OPD tiba di lokasi dan menyaksikan langsung kondisi Embung.

Dari hasil pemantauan Gubernur langsung memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB untuk segera melakukan pengerukan Embung Elang Desa yang telah mengalami pendangkalan akibat tingginya sedimentasi.

Sebelum meninjau bendungan tersebut, Gubernur berkesempatan bersilaturrahmi dengan masyarakat Kelurahan Bugis,  Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Di Masjid Jami' Al-Ikhlas Kelurahan itu, Gubernur pendiri Universitas Teknologi Sumbawa (UTS)  itu menjelaskan bahwa lengkapnya fasilitas sebuah bangunan bukan menjadi jaminan untuk hidup bahagia. Kadang dengan fasilitas apa adanya, seseorang bisa hidup bahagia, aman dan nyaman.  

"Masjid yang bagus adalah masjdi yang bisa bikin orang betah di dalamnya," jelas

Karena itu, yang terpenting ketika membangun fasilitas ibadah superti Masjid adalah kenyamanan saat melaksanakan ibadah.

Humas NTB

Read more

GUBERNUR NTB BERI BONUS GURU PAUD SETELUK KE MALAYSIA Berita PPID

GUBERNUR NTB BERI BONUS GURU PAUD SETELUK KE MALAYSIA

Sebagai wujud penghargaan kepada guru pendidikan usia dini (PAUD), di Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat. Gubernur NTB Doktor Zul akan memberikan bonus kepada ibu-ibu guru PAUD dengan memberangkatkan 20 guru untuk berangkat study banding terkait pendidikan anak usia dini di Negara Malaysia.

"Segera didata nama dan jumlahnya, ini khusus untuk ibu-ibu, agar bisa belajar pendidikan anak usia dini di Malaysia", ujarnya saat melakukan silaturrahmi dengan masyarakat Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat, Jum'at (8/3), di Kantor Camat Seteluk.

Gubernur NTB Dr. H. Zukieflimansyah didampingi Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin dan sejumlah Kepala OPD lingkup Provinsi NTB, menyampaikan, selain bersilaturrahim juga untuk menyerap aspirasi masyarakat.
Supaya masyarakat merasakan kehadiran negara, pemerintah dalam kehidupan sehari-sehari.

Ia menjelaskan bahwa ini sesuai dengan visinya untuk selalu konsisten menyapa masyarakat kalau terpilih menjadi gubernur.

Dalam dialog, masyarakat kecamatan Seteluk menyampaikan harapan agar pemerintah dapat berpartisipasi dalam membantu masyarakat membangun tempat ibadah pasca musibah gempa.

Selain itu disektor infrastruktur, masyarakat meminta agar pemerintah provinsi membangun drainase pinggir jalan, agar jalan provinsi yang ada di KSB tidak tergenang air waktu hujan.

Disektor pendidikan masyarakat meminta untuk diberikan Perpustakaan sekolah dan perhatian pada pendidikan usia dini.

Menanggapi semua aspirasi tersebut, Gubernur akan segera membantu proses pembangunan Masjid dalam waktu segera.

Sedangkan untuk pembangunan drainase pinggir jalan akan segera ditindak lanjuti oleh Kepala Dinas PU Provinsi agar air tidak menggenangi jalan lagi.

Sedangkan terkait perpustakaan sekolah, Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi akan segera menindaklanjuti hal tersebut. Hal itu untuk membangun minat baca pada anak sekolah dalam mewujudkan generasi NTB Gemilang dimasa akan datang.

Humas NTB

Read more

GUBERNUR SAPA MASYARAKAT HINDU POTO TANO Berita PPID

GUBERNUR SAPA MASYARAKAT HINDU POTO TANO

Dalam lawatannya ke KSB hari ini, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, didampingi Bupati Sumbawa Barat, Dr. H. W. Musyafirin dan sejumlah kepala OPD Provinsi NTB, menyempatkan diri menyapa umat Hindu di Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat.

Kehadiran orang nomor satu di NTB ke Desa Kokarlian itu disambut meriah dan penuh kehangatan. Bahkan tarian khas tradisi umat Hindu, Panjibrahme menyambut kehadiran gubernur dan rombongan.

Gubernur yang pernah menjabat Ketua BEM Universitas Indonesia itu menegaskan bahwa NTB ini harus diisi oleh orang-orang yang memiliki perasaan sama. Yaitu perasaan cinta dan kasih sayang tanpa melihat warna kulit, warna rambut, suku, agama dan adat istiadat.

"Untuk hidup tenang perlu mensyaratkan cinta pada sesama," ungkap Gubernur Doktor Zul itu.

Doktor Zul menjelaskan kita boleh punya keyakinan yang berbeda, punya agama dan suku yang berbeda. Namun rasa cinta itu menjadi modal sosial untuk menghilangkan politik identitas. Sehingga, NTB ini benar-benar nyaman untuk semua masyarakat. Serta menghilangkan perselisihan akibat hal-hal yang tidak penting.

Sebagai bentuk kecintaannya kepada masyarakat Hindu, Gubernur kemudian menawarkan beasiswa Kuliah di UTS hingga selesai.

"Kalau ada 50 orang anak-anak Hindu yang ingin Kuliah di UTS, saya kasih beasiswa kuliah hingga selesai," ungkapnya disambut tepuk tangan senang umat Hindu yang hadir.

Sebelumnya, Pergurus adat Umat Hindu Kokarlian, I Wayan Murta menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kehadiran Gubernur NTB di desanya. Ia mengaku bangga dengan rasa mengayomi Gubernur kepada semua masyarakat NTB tanpa mengenal suku dan agama.

"Sangat terima kasih, karena hari ini adalah hari bersejarah bagi kami. Ini pertama kali orang nomor satu di NTB ini bisa hadir di Desa kami," ungkapnya

Selama ini katanya, umat Hindu desa tersebut sangat puas dengan bantuan pemerintah, terutama membantu pembangunan kembali rumah yang rusak akibat gempa tahun lalu.

Ia juga melaporkan bahwa umat Hindu di Desa Kokarlian berjumlah sekitar 300 KK. Mereka ini katanya hidup berdampingan dan damai dengan umat lain. Kami diperlukan sama.

Humas NTB

Read more

RESMIKAN GEDUNG PONPES DI KLU, INI PESAN GUBERNUR NTB Berita PPID

RESMIKAN GEDUNG PONPES DI KLU, INI PESAN GUBERNUR NTB

Gubernur NTB,  Dr.  H.  Zulkieflimansyah meresmikan Gedung Baru Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Senin (11/03/2019). Gedung yang diresmikan tersebut merupakan gedung yang dibangun baru setelah bangunan sebelumnya hancur akibat musibah gempa bumi.

Di hadapan Bupati dan ratusan masyarakat KLU,  Gubernur berpesan untuk selalu memaknai kehidupan ini dengan rasa syukur.  Hidup itu katanya,  kadang ada suka, kadang ada duka, silih berganti yang membuat hidup ini lebih indah untuk dijalani.  Namun,  di balik rasa duka itu Allah berikan yang terbaik untuk semuanya.

"Mudah-mudahan,  dengan spirit gempa, spirit musibah, kita sikapai dengan rasa sangka baik kepada Allah SWT,  memupuk modal sosial kita,  sehingga pimpinan pondok,  para anak didik, para orsng tua,  dan juga masyarakat di Lombok Utara ini terus mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT.
 
Sebelumnya,  Bupati  KLU, Dr. TGH.  Nazmur Ahyar, menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah memberikan perhatian luar biasa untuk KLU. Ini merupakan bukti doa yang selama ini dikumandangkan.

Selanjutnya, tugas kita adalah merawat apa yang sudah dibangun dan ditingkatkan kemanfaatannya. Sekarang, pihaknya sedang memikirkan hal lain, seperti pembangunan rumah,  kantor, sekolah dan fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat.

"Kita berdo'a,  semoga semakin banyak orang baik yang akan dikirimkan dan membantu daerah kita ini," harapnya.

Sementara itu,  Pimpinan Ponpes, H. Ahmad Hambali, SH. M.M., M. Pd menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah membantu dan memberikan sumbangan. Sehingga pembangunan gedung di Ponpes tersebut bisa terwujud.

Ia menceritakan, saat gempa mengguncang NTB, terutama Kabupaten KLU tahun lalu, para santri Dan seluruh Warga Ponpes sedang melaksanakan Sholat Isya. Akibat guncangan yang keras itu, seluruh warga itu lari keluar dan menuju bukit-bukit tedekat. Bahkan, sejumlah santri terlihat pingsan dan tidak sadarkan diri.

Guncangan gempa itu lanjutnya, tidak hanya satu Kali. Namun, dalam semalam iti, ratusan Kali gempa mengguncang KLU. Sehingga, seluruh bangunan Ponpes itu luluh lanta dan rata dengan tanah.

"Ternyata di balik gempa itu, ada hikmahnya. Kami dikirimkan oleh Allah SWT orang-orang baik untuk membantu kami. Sehingga, sekarang kami punya gedung baru untuk belajar," jelasnya.

Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk bersyukur atas segala rahmat, hidayah dan nikmat yang dilimpahkan oleh Allah SWT.

Humas NTB

Read more

KETUA DPRD NTB: KITA TEMUKAN GUBERNUR YANG DEKAT DENGAN RAKYAT Berita PPID

KETUA DPRD NTB: KITA TEMUKAN GUBERNUR YANG DEKAT DENGAN RAKYAT

Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaedah, SH., M.H. mengungkapkan kebanggaannya karena Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah merupakan sosok yang dekat dengan rakyat. Bahkan, menurutnya figur Gubernur yang sudah memimpin NTB kurang lebih enam bulan ini, menjadi contoh yang baik bagi semua, termasuk pimpinan dan angggota DPRD.

"Kita menemukan Gubernur yang dekat dengan rakyat. Yang akrab dan selalu bersahabat dengan siapapun," Ungkap Ketua DPRD itu saat Silaturrahmi dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi NTB, di Kediaman Ketua DPRD, Senin (11/03/2019).

Dengan sosok yang akrab dengan masyarakat itu, Isvie yakin seluruh program Pembangunan dapat berjalan lancar Dan sukses. Ia berharap sinergi dan keharmonisan dengan Anggota Dewan dapat terus berjalan baik. Agar pembangunan yang menyejahterakan masyarakat dapat terwujud dengan baik.


Doktor Zul, sapaan akrab Gubernur NTB, menyampaikan agar coffee morning bisa digelar sesering mungkin. Kalau memungkinkan dapat digelar sekali seminggu.

Sebab kata Doktor Zul, dengan seringnya bertemu, banyak hal yang dapat dibahas dan didiskusikan bersama. Sehingga, program Pembangunan ini betul betul terarah dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
[09:50, 3/11/2019] Dae Syaf: NTB dan USA Rencana Bangun Kerjasama

Gubernur NTB,  Dr.  Zulkieflimansyah menerima Konsul General Amerika Serikat,   Mark McGovern,  di Ruang Kerja Gubernur,  Senin (11/03/2019). Pertemuan yang berlangsung akrab itu membahas sejumlah hal. Termasuk rencana kerjasama antara Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Amerika Serikat.  

Gubernur menjelaskan beberapa program yang bisa dikolaborasikan dengan negeri paman syam itu,  diantaranya pengiriman pemuda NTB untuk melanjutkan pendidikan ke USA dan Program Zero Waste. Gubernur akan menyambut baik apabila pemerintah Amerika Serikat bisa memfasilitasi dan menyukseskan program tersebut.

"Kami mengirim pemuda NTB itu ke luar negeri agar mereka memiliki pengalaman yang berbeda. Sehingga rasa ke-Indonesia-an mereka itu betul-betul terasa, " jelas Doktor Zul,  sapaan akrabnya.

Selain,  pengiriman pemuda ke luar negeri,  Doktor Zul menyebut juga program Zero Waste berpotensi untuk dikerjasamakan.  Dirinya, bersama Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah bertekad untuk menyukseskan program ini.  Yaitu dengan menghadirkan industri pengolahan sampah di NTB.

"Kami sangat bahagia kalau ada wilayah di Amerika itu yang sukses mengolah sampah.  Kami akan studi banding ke sana, " kata Gubernur.

Sementara itu, Konsul General Amerika Serikat, yang berkantor di Surabaya,  Mark McGovern mengaku takjub dengan program yang dijalankan Gubernur dan Wakil Gubernur saat ini. Apalagi jelasnya,  anak-anak yang dikirim tersebut bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat NTB yang lainnya. Bahkan, mendengar penjelasan Gubernur terkait anak-anak NTB ini tidak mesti pulang ke NTB,  namun mengisi ruang-ruang penting di Jakarta,  ia mengaku itu sebagai ide yang luar biasa.

"It's fantastic. Kami di Kedutaan yang di Jakarta juga memiliki banyak program untuk NTB, " ungkapnya.

Terkait sejumlah program itu,  ia menjelaskan Pemerintah Amerika memiliki banyak program yang bisa dikerjasamakan. Termasuk di bidang pendidikan. Karena itu, dalam waktu dekat ia akan mencoba mendetailkan rencana tersebut,  dengan menyelaraskan dengan program pendidikan Pemerintah USA.

Terkait Program Zero Waste,  peluang kerja sama juga bisa dilakukan.

Humas NTB

Read more

PUTUS LINGKARAN SETAN PERNIKAHAN ANAK DARI DUSUN Berita PPID

PUTUS LINGKARAN SETAN PERNIKAHAN ANAK DARI DUSUN

Masalah Kekerasan Perempuan dan Anak seringkali berawal dari permasalahan ekonomi. Semenatara permasalahan ekonomi seringkali berawal dari perceraian akibat pernikahan usia anak. Hal yang menjadi permasalahan laten di Provinsi NTB sehingga terbentuk lingkaran setan yang tak berkesudahan. 

Hal tersebut dipaparkan Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah, saat menjadi keynote speaker dalam Pertemuan Para Pemangku Kepentingan "Optimalisasi Upaya Pencegahan Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak serta Perkawinan Anak untuk Peningkatan SDM NTB" oleh Yayasan Tunas Alam Indonesia (SANTAI) di Mataram, (25/2).

"Kita harus Mengatasi masalah ini dari hulu. Dari organisasi terkecil yang ada pada tatanan masayarakat yaitu keluarga. Dan pemerintah dapat memulai dari skup terkecilnya yaitu pemerintahan yang ada di Dusun," terang Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi tersebut.

Lebih jauh, Ummi Rohmi menyarankan peran Posyandu yang ada di setiap Dusun dapat menjadi kaki tangan penyelesaian masalahan tersebut. Dari sosialisasi hingga langkah nyata peningkatan gizi anak guna menunjang pendidikan kedepannya yang lebih baik. Oleh sebab itu Pemerintahan yang ada di Desa diminta untuk dapat mengalokasikan anggarannya untuk  mendukung hal tersebut. 

"Minimal honor kader itu 150 ribu. Tidak boleh kurang. Disinilah seharusnya dana Desa yang banyak tersebut juga dipergunakan untuk mendukung Posyandu dan Program-program pencegahan perkawinan usia anak yang ada," pinta Ummi Rohmi dihadapan perwakilan Kepala Desa dari beberapa wilayah se- NTB.

"Merubah mindset masyarakat bahwa pernikahan usia anak itu bukan hanya sekedar program pemerintah tapi demi kemaslahatan bersama itu perlu waktu. Dan kita harus konsisten untuk menjalankannya," pungkas Wagub.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov. NTB, Dr. Ashari, SH. MH yang turut hadir dalam acara tersebut menyambut baik himbauan Wagub tersebut. Ashari memaparkan tahun ini Dana Desa yang digelontorkan mencapai 1,2 T trilliun.

"Itu berarti setiap desa bisa mendapatkan 1 sampai 1,5 M tergantung jumlah masyarakatnya. Belum ditambah ADD dan pendapatan-pendapatan desa lainnya," tutur Ashari.

PMPD Dukcapil NTB sendiri mengharuskan setiap desa memilili 4 program prioritas. Diantaranya pada bidang Pendidikam, Kesehatan, Lingkungan dan Kesejahteraan sosial. Semua itu untuk membantu mengurangi kemiskinan yang berujung pada pengendalian pernikahan usia anak. 

"Kami juga mengharuskan setiap Desa untuk memiliki Perdes dan Konsep awik2 tentang perkawinan usia anak hingga nyongkolan. Semua itu demi menekan kemiskinan dan angka pernikahan usia anak," pungkasnya. (novita-tim media)

Read more

DI HADAPAN RIBUAN ANGGOTA ADEKSI, WAGUB CERITAKAN KEINDAHAN NTB Berita PPID

DI HADAPAN RIBUAN ANGGOTA ADEKSI, WAGUB CERITAKAN KEINDAHAN NTB

Ribuan anggota dan pimpinan DPRD Kota seluruh Indonesia memadati Hotel Lombok Raya, Kota Mataram pagi ini.  Para wakil rakyat itu hadir dalam rangka Rapat Kerja ke IV Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI). Rapat kerja beserta seluruh rangkaiannya itu, dihelat mulai 25 Februari kemarin hingga  28 Februari 2019 mendatang.

Di hadapan ribuan Anggota Adeksi itu,
Wakil Gubernur NTB, Dr.  Hj.  Sitti Rohmi Djalillah menceritakan keindahan NTB.  Daerah dengan dua pulau utama,  Sumbawa dan Lombok kata Wagub,  memiliki destinasi wisata yang seluruhnya indah. Seperti air terjun, pantai, gunung Rinjani,  Gunung Tambora, keindahan bawah laut dan mutiara yang berkilau.

"Sulit mencari daerah di NTB ini yang tidak indah. Semuanya indah," Ungkap Wagub saat pembukaan Raker Adeksi itu,  Selasa (26/02/2019).

Ummi Rohmi,  sapaan akrab Wagub NTB itu menjelaskan destinasi wisata yang ada di NTB ini,  tidak hanya keindahan alam.  Namun juga budaya, baik itu adat istiadat maupun hasil karya masyarakat seperti gerabah dan tenun.

"Kain tenun di sepuluh kabupaten /kota se-NTB ini memiliki identitas masing-masing," jelas Ummi Rohmi.

Selain menceritakan keindahan alam dan budaya, Wagub Ummi Rohmi juga menjelaskan bahwa saat ini NTB sudah pulih pasca bencana gempa bumi tahun 2018 lalu.

"Semua tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan. Semua sudah pulih dari berbagai segi," tegas Wagub.

Hanya saja kata Ummi Rohmi,  di tengah pulihnya NTB ini,  masyarakat dan pemerintah dihadapkan dengan harga tiket yang mahal.  "Ini tidak hanya terjadi di NTB,  namun hampir di seluruh Indonesia. Kita berharap harga tiketnya bisa lebih murah," harapnya. Terkait Rekernas Adeksi,  Ummi Rohmi berharap akan lahir hal-hal baik yang dapat dijadikan rekomendasi dalam pengambilan kebijakan. Terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia ( ADEKSI ) Ir. H. Armuji, MH menjelaskan Rakernas itu dilaksanakan sesuai amanat organisasi. Yaitu untuk melakukan konsolidasi nasional anggota ADEKSI mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan, menyusun program kerja  dan anggaran tahunan. Selain itu juga untuk membahas isu-isu relevan, mengkaji ulang berbagai kebijakan sehingga terumuskan suatu keluaran berupa kerangka kebijakan

Rakernas dan seminar nasional itu katanya diorganisir menuju tercapainya tujuan yang penting dan direkomendasikan dalam membangun sistem pemerintahan indonesia

"Menggali pemikiran dan membangun kesepahaman tentang model otonomi daerah yang sesuai dengan amanat konstitusi sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia yang majemuk untuk mempercepat kesejahteraan bangsa," jelas Ketua DPRD Kota Surabaya itu.

Ia juga menjelaskan kegiatan itu untuk menggali pemikiran dan mengkaji ulang perimbangan keuangan yang adil antara pusat dan daerah sesuai dengan kewenangan yang diberikan untuk mencapai tujuan kemerdekaan

Rakernas ADEKSI yang ke IV di Hotel Lombok Raya Mataram kali ini bertema "Memperkuat otonomi, memperkokoh NKRI untuk keadilan dan kesejahteraan bamgsa"  Refleksi UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Read more

POLTEKPAR LOMBOK CIPTAKAN SDM HANDAL Berita PPID

POLTEKPAR LOMBOK CIPTAKAN SDM HANDAL

Pembangunan Poli Teknik Pariwisata Lombok kedepan dimaksudkan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia  yang handal dan maju dibidang pariwisata

"Saya yakin sekolah ini akan sukses karena tenaga pengajarnya langsung didatangkan dari sumbernya,
saya kira sekolah ini akan menjelma menjadi sekolah yang maju" Ujar Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah, SE, M.Sc saat meresmikan Gedung Poli Teknik Pariwisata Negeri Lombok, (21/02/2019)

Gubernur menambahkan keberadaan Poltekpar Negeri  Lombok ini merupakan salah
satu terobosan Kementerian Pariwisata RI untuk menyiapkan generasi muda yang berkuailitas dibidang .kepariwisataan dengan  menghadirkan sekolah- sekolah pariwisata yang berkelas dunia.

Gubernur juga menyampaikan bahwa keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh keterlibatan seluruh lapisan masyarakat oleh karenanya dalam mengembangkan pariwisata di NTB, gubernur sangat menginginkan generasi mudanya lebih bersemangat meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan

"Mudah- mudahan lulusan Poltekpar ini tak hanya menghasilkan lulusan yang mampu bekerja didalam negeri saja namun juga diluar negeri". lanjut gubernur

Gubernur juga menegaskan  bahwa demi kemajuan pembangunan pariwisata kedepan pemerintah akan selalu mengusahakan kemudahan bagi pemuda NTB  yang belajar di Poltekpar agar mendapat bea siswa.

Pada kesempatan yang sama Menteri Pariwisata  Republik Indonesia Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc menjelaskan selama ini lulusan Poltekpar Negeri dibawah Kemeterian Pariwisata  Republik Indonesia  telah banyak dan  100 persen telah diterima bekerja di pasar Nasional dan Internasional.

Ia menambahkan untuk kemajuan kualitas lulusan sebagaimana  Poltekpar-Poltekpar sebelumnya tahun depan Poltekpar Lombok juga harus memiliki internasional kelas selain sertifikasi Internasional sehingga lulusannya mampu bekerja di seluruh dunia.

Sementara itu Direktur Poltekpar  Lombok Dr.Hamsu Hanafi melaporkan bahwa perkembangan Pembangunan fasilitas Poltekpar Lombok saat ini sudah berjalan 30 persen dimana kementerian pariwisata telah menganggarkan dana sebesar 227 Milyar  yang akan dilanjutkan kelengkapan untuk fasilitas pendidikan seperti pembangunan Hotel praktik bertarap bintang 4 guna memaksimalkan pelaksanaan praktik bagi siswa sekitar 829 orang saat ini

Ia menambahkan  dalam  setiap tahun pihaknya akan selalu menghadirkan tenaga pengajar dari berbagai negara seperti Arab Saudi, Jepang, Inggris dan  Prancis
[17:42, 2/21/2019] subhan: BAZAR MANDALIKA  UNTUK PENGEMBANGAN UMKM NTB

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyambut baik kehadiran  ITDC dalam mengembangkan Area Mandalika Resort khususnya terkait Pembangunan  area Bazar mandalika  yang diperuntukkan bagi  peningkatan potensi UMKM di NTB. Hal ini disampaikan  Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah saat membuka acara Creative Dialogue di Mandalika Resort, Kamis (21/02/2019)

Gubernur mengatakan dengan kehadiran ITDC di Lombok, kedepan pembangunan seluruh fasilitas di Mandalika Resort akan membawa manfaat besar bagi kemajuan perekonomian rakyat. Untuk itu gubernur menyatakan kesiapannya untuk  selalu membantu.

"Kami dengan tangan terbuka akan selalu membantu demi kemajuan dan kesejahteraan bersama".tegas gubernur
 
Pada kesempatan itu Menteri Pariwisata RI Dr.Ir Arief Yahya M.Sc mengatakan di bangunnya Bazar Mandalika dimaksudkan untuk  mengakomudasi semua pedagang asongan di Mandalika dan NTB disampaing sebagai ikhtiar untuk mempertahaankan predikat NTB sebagai
Provinsi yang meluncurkan kalender Of Even Nasioanal yang salah satunya adalah even Bau Nyale dan
Sebagai  daerah peraih Destinasi Halal tourisme

Dalam kesempatan  itu Ketua Dekranasda Provinsi NTB Hj.Niken Saptarini Widyawati,SE.M.Sc menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dukungan dari pohak ITDC dan kementerian Pariwisata yang  telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah yang telah mengembangkan Kawasan Mandalika

"Kami cukup optimis dimana kita akan selalu mengatasi persoalan yang dihadapi
kami berharap kegiatan kegiatan nasional lebih banyak lagi dilaksanakan di Lombok agar perkembangan pariwisata di  NTB lebih maju",ujarnya

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menambahkan dalam kawasan Mandalika Resort ini  terdapat beberapa failitas umum seperti masjid, restaurant, bazar mandalika
yang diperuntukkan untuk usahawan UMKM yang sebelumnya mereka telah membuka lapak.

"Kami mengembangkan bazar Mandalika dengan konsef kebudayaan koliner yang dilengkapi  kios sebanyak 303 unit.

Humas NTB

Read more

KONREG PUPR GUB NTB TITIP BERDAYAKAN TENAGA KERJA LOKAL Berita PPID

KONREG PUPR GUB NTB TITIP BERDAYAKAN TENAGA KERJA LOKAL

Dalam setiap proyek infrastruktur yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR), kiranya pemberdayaan barang dan tenaga kerja lokal dapat menjadi pertimbangan utama.
Sebab hal ini dapat menjadi kunci keberhasilan suatu bangsa dalam mempelajari teknologi dan infrastruktur.

“Salah satu kunci suatu bangsa dapat belajar teknologi dan infrastruktur adalah, dengan menggunakan barang dan tenaga kerja lokal, kami sebagai pemerintah daerah mohon kepada PUPR untuk memperhatikan hal ini secara serius,” Demikian pesan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah
 saat menghadiri acara Konsultasi Regional (Kunreg) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2019 Wilayah Kalimantan dan Nusa Tenggara di Hotel Lombok Raya, Rabu malam (21/2).

Menurut gubernur
dengan memberdayakan tenaga kerja lokal maka akan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan kesejahteraan masyarakat sebagaimana misi pembangunan daerah dalam NTB Bangkit yakni Mandiri Dan sejahtera.

Dalam kesempatan  itu gubernur juga  menyampaikan penghargaan dan menyampaikan  rasa bangganya karena NTB dipilih menjadi tuan rumah dalam pertemuan PUPR tahun ini.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat kami merasa bangga dipilih oleh Kementerian PUPR menjadi tuan rumah dalam pertemuan ini, kesempatan ini merupakan malam yang bersejarah untuk kebaikan kita bersama,” ujar Dr. Zul.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Cipta Karya, Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga yang mewakili dalam menyampaikan Arahan Menteri PUPR menjelaskan bahwa dalam tahun 2019, Kementerian PUPR Bertekad menyelesaikan seluruh proyek infrastruktur wilayah Kalimantan Dan NusaTenggara. Pasalnya di tahun 2019 ini merupakan priode terakhir masa pemerintahan Dan tahun penyelesaian. Untuk itu  kementerian telah menyiapkan perencanaan yang matang dalam
mencapai keberhasilan proyek infrastruktur.

“Kalau kita sejak awal sudah merencanakan dengan baik dan berhasil itu sama artinya kita merencanakan keberhasilan, betapa pentingnya proses awal dan perencanaan ini sebagai dasar kita untuk mulai bekerja,” tegas Danis.

Pada arahan tersebut juga membahas tentang Rencana Strategis (Renstra) 2015-2019 yaitu target 65 bendungan,  penyelesaian jembatan di Kalimantan dan Papua, target air minum, luas permukiman kumuh dan target rumah susun (Rusun).

Humas NTB

Read more

Menpar RI : Lombok Masuk dalam 3 Pulau Terindah di Dunia Berita PPID

Menpar RI : Lombok Masuk dalam 3 Pulau Terindah di Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengunjungi Gili Air Kabupaten Lombok Utara dalam rangka Ground Breaking AMA-LURRA pada hari Kamis (21/02/2019).

Dalam sambutannya, Arief Yahya menjelaskan bahwa majalah Travel and Leisure menetapkan 15 pulau terindah di dunia, 3 diantaranya ada di Indonesia yaitu Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau Lombok. Dikesempatan ini pula Menteri Pariwisata memutuskan bahwa Mandalika akan mengoperasikan sirkuit MotoGp untuk pertama kalinya di Indonesia.

"Nah ini, jadi membuat NTB Positioningnya semakin kuat. Positioning halal itu akan membuat pertumbuhan pariwisata di NTB itu tertinggi" tuturnya.

Dalam kunjungannya, Arief Yahya mengatakan bahwa ini adalah pembangunan resort pertama setelah gempa sehingga bisa memberikan semangat untuk lombok bangkit dan berharap AMA-LURRA menjadi pilihan untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

"Semoga ini menjadi semangat untuk membangun NTB pada umumnya, khususnya Gili Matra untuk wisatawan lokal maupun mancanegara pada kelas yang tinggi" tutupnya.

Bersamaan dengan itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Zulkieflimansyah, SE. M.Sc sangat bangga dan menyambut baik kedatangan Menteri Pariwisata untuk kesekian kalinya. Sehingga membuktikan bahwa pemerintah sangat serius membantu NTB untuk bangkit.

"Kami yakin dengan keseriusan yang baik, yang tulus dari Pak Menteri, kita di lombok ini bukan hanya sekedar ungkapan tapi menjadi kenyataan dari kerja keras kita" tutupnya.

Acara ini kemudian ditutup dengan penanaman pohon dan penandatangan papan kayu oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat dan Menteri Pariwisata.

Humas NTB

Read more

TERIMA KELUHAN CAMAT DAN KADES, GUBERNUR AKAN TURUN TANGAN Berita PPID

TERIMA KELUHAN CAMAT DAN KADES, GUBERNUR AKAN TURUN TANGAN

Salah satu tugas pemimpin adalah melayani masyarakat. Termasuk mendengar dan menerima segala permasalahan masyarakat untuk diselesaikan. Hal itu yang dilakukan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, mengawali pagi hari ini,  Kamis (21/02/2019). Gubernur menerima Camat dan beberapa Kepala Desa dari Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa dan Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat di Pendopo Gubernur NTB.

Para Camat dan kepala desa itu menghadap Gubernur untuk menyampaikan sejumlah aspirasi masyarakat. Di antaranya, keinginan masyarakat Kecamatan Lunyuk menjadikan lokasi bumi perkemahan Lunyuk sebagai lokasi bumi perkemahan terpadu.

"Pemanfatanya bisa dikelola masyarakat setempat misalnya menjadi obyek wisata," Ungkap Sekretaris Camat Lunyuk, Sudirman, S.Sos.

Sementara itu, Camat Brang Ene, M. Taufik melaporkan beberapa kondisi jalan rusak dan jembatan putus di wilayahnya. Hal itu katanya akan berdampak pada mobilitas masyarakat. Terutama untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

Gubernur NTB dalam pertemuan itu langsung merespon baik keinginan mesyarakat itu.  Rencananya, dalam waktu dekat Gubernur bersama Kadis PU, Kadis Pertanian dan kepala BWS NTB akan turun tangan dan meninjau langsung apa yang menjadi laporan dari Sekretaris Camat Lunyuk dan Camat Brang Ene itu.
 
Gubernur juga menginginkan agar tugas-tugas pelayanan itu bisa dilakukan dengan cepat. Apalagi menyangkut kebutuhan mendasar masyarakat.  Karena itu, Gubernur meminta seluruh kepala OPD untuk cepat merespon terhadap apa yang menjadi keluhan masyarakat.

"Dengan cepat merespon maka kita bisa mencarikan solusinya, " ungkap Gubernur  didampingi Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Pertanian dan Kepala BWS Provinsi NTB.

Adapaun Kepala Desa yang hadir, diantaranya Kades Lunyuk Rea, ANDRE PRATAMA, Kades Lunyuk Ode, HERMANSYAH, Kades Jamu MASHARUDDIN,  Kades Empang, DENI MURDANI, Kades Suka Maju, KOMANGSUWANDIA

Humas NTB

 

Read more