NTB Satu Data, Langkah Menuju Birokrasi Bersih dan Melayani Berita PPID

NTB Satu Data, Langkah Menuju Birokrasi Bersih dan Melayani

Mewujudkan birokrasi bersih dan melayani diperlukan keterbukaan informasi. Pemerintahan yang terbuka akan mendorong terwujudnya partisipasi dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Ketersediaan data- data pembangunan yang valid, lengkap dan akurat serta terintegrasi. Menjadi salah satu instrument penting dalam mencapai sebuah pemerintahan yang terbuka dan informatif.

Read more

Literasi Digital untuk NTB Cerdas terus dikembangkan Berita PPID

Literasi Digital untuk NTB Cerdas terus dikembangkan

Memajukan literasi digital merupakan salah satu program unggulan dalam RPJMD NTB 2019-2023 untuk mewujudkan masyarakat NTB yang sehat dan Cerdas. Terlebih saat ini, minat baca masyarakat NTB secara nasional masih berada pada ranking 31dari 34 Privinsi se-indonesia. Padahal data nasional penggunaan internet (media digital) menunjukkan bahwa NTB merupakan salah satu daerah di indonesia yang masyarakatnya sangat gemar dan aktif menggunakan media sosial.

Read more

52 PROGRAM UNGGULAN MENUJU NTB GEMILANG Berita PPID

52 PROGRAM UNGGULAN MENUJU NTB GEMILANG

NTB GEMILANG merupakan visi pembangunan sekaligus komitmen dan ikhtiar untuk mewujudkan NTB yang tertata rapi sebagai tempat hunian menyenangkan, dengan masyarakat yang berdaya saing, tangguh, dan berbudi luhur serta pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik.

Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Dr.Hj.Siti Rohmi Djalilah, menjabarkannya kedalam 6 (enam) misi pembangunan dan 52 program unggulan daerah, yang telah dituangkan kedalam dokumen perencanaan RPJMD Provinsi NTB, 2019-2023.

Read more

GUBERNUR dan WAKIL GUBERNUR GELAR HALAL BI HALAL DENGAN SELURUH ASN PEMPROV NTB Berita PPID

GUBERNUR dan WAKIL GUBERNUR GELAR HALAL BI HALAL DENGAN SELURUH ASN PEMPROV NTB

Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah menggelar Halal Bi Halal di Halaman Kantor Gubernur NTB, Selasa (11/06/2019). Kegiatan itu melibatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Provinsi NTB.

Kegiatan yang dihelat usai libur dan cuti bersama idul Fitri itu, diawali dengan sambutan Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Dr. Hj.  Baiq Eva Nurcahya Ningsih, M. Si. Kemudian dilanjutkan sambutan perpisahan mantan Sekda, Ir. H. Rosiady Sayuti, Ph. D, yang akan melanjutkan pengabdiannya di Universitas Mataram (Unram).

Read more

GUBERNUR NTB : BULAN RAMADHAN BULAN LATIHAN MEMBENTUK KARAKTER MENJADI LEBIH BAIK Berita PPID

GUBERNUR NTB : BULAN RAMADHAN BULAN LATIHAN MEMBENTUK KARAKTER MENJADI LEBIH BAIK

Gubernur Nusa Tenggara Barat didampingi oleh Isteri menghadiri Pembukaan Tadarus Al-Qur'an Majelis Taklim bertempat di Pendopo Gubernur, Rabu (8/5).

Dalam sambutannya Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc menjelaskan, menjelang bulan suci Ramadhan disetiap tempat, Masjid atau Mushola selalu didengarkan satu ayat dalam Al-Qur'an yaitu Surah Al-Baqarah ayat 183. Dimana dalam surat ini menjelaskan kewajiban berpuasa bagi orang yang beriman sebagaimana diwajibkan orang-orang  sebelumnya agar bertakwa.

Read more

BMKG NTB DAPAT TAMBAHAN TIGA SENSOR GEMPA Berita PPID

BMKG NTB DAPAT TAMBAHAN TIGA SENSOR GEMPA

Badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) NTB, tahun 2019 akan mendapatkan tiga alat sensor gempa baru. Hal ini untuk meningkatkan kinerja BMKG NTB dalam melakukan pemantauan aktivitas kegempaan di NTB.

Hal itu disampaikan Kepala Stasiun Geofisika kelas III Mataram, Agus Riyanto, SP., MM bersama jajarannya saat melakukan audiensi dengan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah di Ruag Kerja Gubernur, Selasa (30/4).

Dihadapan gubernur Agus menjelaskan, ketiga sensor gempa baru tersebut akan ditempatkan di Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, dan di Tambora, Pulau Sumbawa.

Untuk itu ia meminta dukungan Pemerintah Provinsi NTB, untuk memfasilitasi berupa penyediaan lahan sebagai shelter untuk penempatan ketiga sensor gempa tersebut.

Selain itu Agus juga meminta support dari pemerintah provinsi NTB untuk melakukan sosialisasi rutin kepada masyarakat, tujuanya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di NTB, agar lebih memahami masalah kegempaan.

Read more

OPTIMIS ANAK NTB HEBAT-HEBAT Berita PPID

OPTIMIS ANAK NTB HEBAT-HEBAT

Lombok Tengah - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah, menghadiri acara Haflah Ikhtitam Akhir Dirasah Pondok Pesantren Darul Muhibbin NW Mispalah Praya Lombok Tengah, Minggu (28/4/2019). Dalam acara tersebut, Gubernur memberikan motivasi kepada para santri untuk terus menerus belajar.

"Saya tahu betul anak NTB sangat luar biasa pintar, luar biasa cerdas dan hebat-hebat. Oleh karena itu anak-anak NTB harus mengembangkan itu semua. Kita menyediakan banyak sekali beasiswa untuk anak NTB," ungkap Gubernur.

Program beasiswa berupa pengiriman 1000 anak NTB ke luar negeri bukan program main-main, melainkan untuk membentuk anak muda NTB menjadi anak muda yang memiliki pengetahuan luas tentang dunia luar agar saat kembali dapat membangun NTB lebih maju lagi.

Bang Zul meceritakan kisahnya ketika melaksanakan pendidikan di luar negeri yang mana banyak sekali anak-anak muda Indonesia yang menjadi tokoh lokal di luar negri. Hal ini dapat dijadikan motivasi oleh anak muda NTB untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri.

"Kita harus merubah mindset kita yang selama ini menganggap orang luar negri lebih hebat dari pada kita. Itu belum tentu. Bahkan tidak sedikit orang Indonesia menjadi panutan di luar negri. Apa lagi kita berpikir orang luar NTB lebih baik dari kita, belum tentu. Contohnya saja Duta Besar Indonesia untuk Turki adalah orang Lombok Tengah, Dr. Lalu Muhammad Iqbal," tegas Bang Zul.

Ia menjelaskan kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut bahwa sebentar lagi NTB khususnya Lombok Tengah akan menjadi sorotan dunia.

"Dalam waktu dekat ini kita akan mejadi sorotan dunia, kita akan mempunyai stadiun motor GP di Mandalika Lombok Tengah. Jangan sampai kita utamanya anak muda Lombok Tengah menjadi penonton di rumah sendiri. Anak muda Lombok Tengah harus ikut andil," jelas Bang Zul.

Oleh sebab itu, ia menegaskan bahwa anak muda NTB harus terus menuntut ilmu setinggi mungkin agar dapat menjadikan NTB lebih maju dan mewujudkan NTB Gemilang kedepannya.

TGH. Muhammad Sabri Azhari selaku Mudir Ponpes Darul Muhibbin mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTB yang telah berkesempatan hadir dalam acara tersebut. Ia berharap agar apa yang dicita-citakan dalam pembangunan oleh Gubernur NTB dapat terwujud.

Humas NTB

Read more

PENTINGNYA IDE DAN INOVASI DALAM MENDIDIK Berita PPID

PENTINGNYA IDE DAN INOVASI DALAM MENDIDIK

Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, mendorong sekaligus mengajak para pendidik atau guru untuk meningkatkan kapasitas diri. Yaitu dengan terus meng-upgrade diri dengan terus belajar dan berinovasi. 

"Secara berkala, guru-guru harus diupgrade kapasitasnya agar mendapatkan ide dan inovasi baru dalam mendidik," jelas Gubernur saat Wisuda dan Pelepasan Angkatan II SMP IT Bukit Qur'an Nusantara Mataram, yang bertempat di Hotel Aston Inn, Minggu (28/04).

Selain itu, Dr. Zul juga menjelaskan, kesejahteraan dan kemakmuran guru juga harus diperhatikan, karena hal tersebut berpengaruh terhadap kualitas pendidikan.

Pendidikan dapat merubah kita. Sekolah mampu menjadikan siswa-siswinya berprestasi apabila memiliki visi dan misi yang baik. Oleh karena itu, sekolah tidak hanya dilihat dari segi fisik saja tetapi dari sumber daya manusia dan outputnya. "Kedepannya, Bukit Qur'an bukan hanya untuk anak-anak NTB tapi untuk seluruh anak-anak di penjuru Nusantara", tegasnya.

Tantangan untuk Bukit Qur'an Nusantara adalah sekolah islam yang bukan hanya memberikan lulusan yang pandai belajar agama, membaca qur'an, menghafal hadist, tetapi menghasilkan santri dan santriwati yang mampu menjadi dokter, profesor, engineers ataupun ahli ekonomi.

untuk itu, Dr. Zul berpesan kepada guru-guru Yayasan Bukit Qur'an agar siswa-siswi selain harus menghafal Al Qur'an, siswa-siswinya juga mampu menguasai matematika, sains dan teknologi.

Di kesempatan yang sama pula, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mataram Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, S.Pd., M.P., juga  menjelaskan dalam dunia pendidikan bukan hanya meningkatkan kuantitas tapi juga kualitas dari seluruh sumber daya yang ada di sekolah.

Bersamaan dengan itu, Ketua Yayasan Bukit Qur'an juga menyadari bahwa masih belum bisa maksimal mendampingi siswa-siswi, sehingga kami masih harus belajar lebih baik lagi. "Kami berharap agar Gubernur dapat memberikan arahan dan membina kami melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB untuk melanjutkan niat baik kami" harapnya.

Humas NTB

Read more

Lantik Bupati Wabup Lobar, Gubernur NTB: Jangan Ada Dendam Politik Berita PPID

Lantik Bupati Wabup Lobar, Gubernur NTB: Jangan Ada Dendam Politik

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan H. Fauzan Khalid sebagai Bupati Kabupaten Lombok Barat dan wakilnya Hj. Sumiatin di Mataram, Rabu (23/4). Mereka adalah kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilu serentak pada 27 Juni 2018 lalu, dengan periode jabatan 2019-2024.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lobar ini diangkat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 131.52-659 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Bupati Lombok Barat dan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 132.52-660 tahun 2019 tentang Pengangkatan Wakil Bupati Lombok Barat.

Pada sambutannya, Gubernur NTB mengatakan, tantangan terbesar seorang pemimpin, khususnya pemimpin politik adalah ujian keikhlasan. "Puncak sebuah ujian keikhlasan adalah bagaimana menempatkan orang yang memuja dan membencinya di posisi yang sama. Tidak boleh ada dendam politik. Tidak boleh ada sakit hati berlebihan. Lupakan masa lalu. Mari songsong masa depan untuk daerah kita yang lebih baik", pesan gubernur pada sambutannya.

Soal kekompakan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, gubernur yang akrab disapa Doktor Zul itu mengatakan, menjaga harmonisasi itu bukan yang gampang. "Dimana-dimana, kadang-kadang menjaga kesinambungan akibat mengakomodasi kepentingan politik dan lain sebagainya itu gak gampang. Tapi saya yakin pak bupati lombok barat ini seorang politisi yang jam terbangnya sudah tinggi. Sebagai aktivis, sebagai penyelenggara pemilu dan lain sebagainya, cukup matang untuk merawat kebersamaan", tandas Doktor Zul.

Doktor Zul juga berharap Kabupaten Lombok Barat dibawah kepemimpinan H. Fauzan Khalid dan Hj. Sumiatun bisa semakin mengembangkan pariwisata. "Lombok Barat dianugerahi alam yang sangat indah. Kita sudah sering berkomunikasi. Akan ada banyak hal-hal yang kita kembangkan", ujar Doktor Zul

Turut hadir Wali Kota Mataram, Bupati Lombok Timur, Wakil Bupati Lombok Tengah, Forkopimda dan kepala OPD lingkup Provinsi NTB serta Forkopimda dan OPD lingkup Kabupaten Lombok Barat.

Humas NTB

Read more